Lelaki Liar

Sebutan bagi seorang lelaki yang telah menjalani dunia liar sepanjang duapertiga umur. Bercinta dengan malam, bercumbu dengan kehausan, bergumul dengan kenikmatan duniawi; bak pencarian tak bertepi. Bagaimana pun, dari dunia itu pelajaran berharga enggan berhenti memperkaya diri. (ditulis oleh Sa)

My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Open minded, open arms, open book

Tuesday, August 01, 2006

Membumi

Kalau jaman orba jabatan Bupati mungkin tidaklah terlalu hebat, tapi dalam era otonomi daerah seperti sekarang seorang Bupati sama saja seperti raja kecil yang dibalut dengan segala macam tradisi protokoler.

Seorang kawan pernah mengenalkan saya kepada seorang Bupati dari daerah Jawa Tengah, dikepala saya sudah tertanam figur sang Bupati yang umumnya ‘wah’ dengan segala atribut kaum feodal. Tapi Bupati yang belum lagi mencapai usia kepala empat ini sungguh mengejutkan saya, beliau datang hanya menggunakan jeans dan baju santai tanpa bodyguard Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja). Dan menyalami saya dengan sangat santun begitupun ketika berbicara dengan beliau saya tidak merasa sedang berbicara dengan orang no.1 daerah.

Tapi saat sang Bupati menjelaskan program2 yang akan dilakukan selama lima tahun masa pemerintahannya terasa sekali bobotnya. Dan yang mengagumkan semua program itu semata-mata demi kemakmuran rakyatnya, tadinya saya menduga ‘alah itukan cuma lips service seorang pejabat’. Dugaan saya salah, beberapa programnya telah direalisasikan dan di ekspose oleh koran-koran nasional antara lain koran Kompas. Di daerahnya sendiri beliau memang dikenal dekat dan dicintai rakyatnya karena kepeduliannya pada ‘wong cilik’.

Seandainya semua pejabat tinggi negara ini membumi seperti beliau, sungguh hidup di Indonesia akan nyaman damai. Kapankah?

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

jangan ah.. klo semua membumi, nanti tidak ada keseimbangan alam.
nanti para pemrotes binun.. ngisi waktunya utk apa. yg diprotes ga ada euy.
ehh.. apa protes keadaan yg damai ya?
siapa tau. :lol:

4:19 AM  
Blogger Lelaki Liar said...

to sa: pasti ada deh yang protes...protesnya 'Kembalikan kekacauan' atau 'Bosen akh damai terus' :D

11:03 AM  

Post a Comment

<< Home