Lelaki Liar

Sebutan bagi seorang lelaki yang telah menjalani dunia liar sepanjang duapertiga umur. Bercinta dengan malam, bercumbu dengan kehausan, bergumul dengan kenikmatan duniawi; bak pencarian tak bertepi. Bagaimana pun, dari dunia itu pelajaran berharga enggan berhenti memperkaya diri. (ditulis oleh Sa)

My Photo
Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Open minded, open arms, open book

Saturday, April 02, 2005

Daur-Ulang


Sebagian besar kita mungkin ingat lagu yang diciptakan dan dibawakan oleh Elton John pada dekade 70an Sorry Seems To Be the Hardest Word, lagu itu kembali populer setelah didaur ulang oleh Blue di tahun 2003. Bujangan karya Koes Plus juga kembali melejit ketika di rekam ulang oleh group Junior. Itulah sebagian kecil lagu-lagu yang melejit popularitasnya setelah di daur-ulang.

‘Tribute to’ sebagai salah satu trik produsen malah mendaur ulang lagu-lagu group band/penyanyi lawas dalam satu album yang dibawakan oleh beberapa group band/penyanyi yang sedang populer. Seperti Ecomium album daur ulang lagu-lagu group rock Led Zeppelin, Sheryl Crow di album itu membawakan D'yer Maker yang kembali populer.

Yngwie Malmstein juga tak mau ketinggalan, dengan album Inspiration ia mengkompilasi lagu-lagu lawas antara lain dari Kansas, Deep Purple, Jimmy Hendrix dan Kansas. Bahkan karya klasik Andrew Lloyd Webber The Phantom of the Opera bertambah pendengarnya dari penggemar musik metal (symphonic power metal) setelah didaur ulang oleh Nightwish

Namun dari sekian banyak lagu daur ulang mungkin tidak ada yang sefenomenal Summertime, lagu yang diciptakan D.B. Heyward, George & Ira Gershwin pada tahun 30an itu mampu menarik musisi dari hampir semua genre musik untuk mendaur-ulangkannya antara lain, musisi Jazz Al Jareau, Billie Holiday, Charlie Parker, Charles Minggus, Ella Fitzgerald, George Benson, Joe Sample, Kenny G, Louis Armstrong, Matthew Cook, Nina Simon, Patricia Barber, Ray Brown, Sarah Vaughan, Stan Getz. Blues: Alvin Lee, Janis Joplin, Ohio Players, Sydney Bechet. Rock&Prog. Rock: Brian Box, Love Sclupture, Rick Wakeman, Peter Gabriel, Ekseption. Pop: Fantasia Barrino, Lorri Oliver, The Zombies. Latin: Monggo Santamaria. Soprano: Leontyne Price. Folk: Pete Seger. Disamping artis-artis tersebut masih ada 35 artis lagi yang tercatat merekam-ulang Summertime dan bukan mustahil kalau ternyata lebih dari 35 artis.

4 Comments:

Blogger mpokb said...

baca nama2 itu jadi inget lemari koleksi babe aye, tp sampai selesai baca postingan kok belum berhasil juga mengingat2 Summertime itu yg mana.. padahal aye yakin pernah dengar dan lebih dari sekali, tp yg mananya lupa.. bang lelakiliar apa gak pernah lupa judul, artis dan melodi lagu?

9:46 AM  
Blogger Lelaki Liar said...

to mpokb: Kalau lupa terpaksa bongkar koleksi :))

8:52 PM  
Blogger Sksetsahati said...

hehehe.. ngikik baca komen si mpok. dia mah, saking liarnya, apa2 juga dihapalin. :))

9:48 PM  
Blogger dodY said...

summertime apanya summer wind? hahaha

4:39 PM  

Post a Comment

<< Home